Sunday 13 October 2013

56 Tahun Hilang

Dean Ailie, pria asal Minnesota, Amerika Serikat kini tengah berbahagia, motor pertama yang hilang selama 56 tahun telah ditemukan kembali.

Dilansir laman motorcycle.com, Jumat 28 Desember 2012, kejadian tersebut bermula saat ayah Ailie, Wyman Ailie membeli sepeda motor asal Jerman, NSU 251 OSL lansiran 1938 pada tahun 1956 dari seorang petani. Motor sengaja dibelikan untuk Ailie.

Sebelum sampai di tangan ayahnya, kabarnya sang petani memboyong motor klasiknya itu ke Amerika, usai Perang Dunia ke II (terjadi pada 1939-1945).

Dengan suka cita, pada Desember 1956, bertepatan dengan musim dingin, Ailie dengan motor kesayanganya melakukan perjalanan untuk menemui teman-temannya dengan mengambil jalan pintas melalui permukaan danau Big Swan Lake di Dasel, Minnesota, yang membeku.

Usai jalan-jalan, Dean memutuskan kembali mengambil jalan pintas melalui danau tersebut. Namun nahas, permukaan es tiba-tiba retak dan membuat Dean bersama motornya masuk ke dalam danau yang sangat dingin.

Beruntung, udara yang terjebak dalam jaket kulit Ailie membuat dirinya terangkat ke permukaan, dan diselamatkan sepasang nelayan. Namun motornya tidak  bisa diselamatkan dan tenggelam.

Pada 29 November 2012, seorang nelayan bernama Ken Seeman yang tengah mencari ikan dengan jaring, menangkap sesuatu yang berat. Setelah diangkat, benda yang terperangkap jaring sang nelayan ternyata sepeda motor.

Karena kecelakaan Ailie pada waktu itu menjadi berita besar, membuat Seeman tidak butuh lama untuk mencari sosok Ailie yang kini berusia 71 tahun.

Akhirnya, Ailie pun kembali menemukan motor yang hilang. Namun kondisi motor tersebut  tentu tak mulus seperti 56 tahun silam. NSU itu telah dilapisi karat, jok hilang, tangki berlubang, mesin silinder kering, namun ban tetap berisi angin.

Awalnya Ailie ingin merawat motor pertamanya itu. Namun, Seemann dan temannya berinisiatif agar ia menemui Ron Miller, seorang kolektor sepeda motor. Hingga akhirnya Ailie menyerahkan sepeda motor kepada Miller untuk dibersihkan dan perbaiki.

No comments:

Post a Comment